PERBEDAAN IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER ( MENJELASKAN MAKNA SLOGAN)

Apa Bedanya Iklan, Slogan dan Poster?

Kalian tentu pernah melihat iklan maupun poster yang ditayangkan di televisi maupun billboard yang ada dipinggir jalan, dan seringkali tayangan tersebut mencuri perhatian dengan Bahasa atau slogan yang menarik. Tapi, pernahkah kalian bertanya-tanya, kira-kira apa ya yang membedakan itu semua? Apa itu iklan, slogan, ataupun poster?

Berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan, pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa baik surat kabar dan majalah ataupun di tempat lainnya.

Iklan sebagai media persuasif sehingga berfungsi sebagai pengingat yang dapat membuat masyarakat ingat terhadap barang atau jasa yang di iklankan. Tapi tidak menutup kemungkinan, sebuah iklan tidak menawarkan barang atau jasa. Bisa saja sebuah iklan memberikan informasi persuasif agar pembaca atau pendengar mengikuti keinginan penulis iklan.

Sedangkan pengertian slogan sering diketahui sebagai kata-kata singkat yang menarik. Menurut definisinya, slogan adalah kata atau kalimat pendek yang menarik serta mudah di ingat sebagai dasar atau prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya.

Contoh slogan, 

“orang bijak taat pajak”. 

Ini adalah slogan dari institusi pemerintah yang menangani masalah pajak. Diharapkan dengan adanya slogan ini masyarakat diajak untuk taat membayar pajak.

Slogan sendiri memiliki beberapa fungsi yaitu, untuk memacu semangat atau motivasi, untuk memengaruhi orang lain melakukan atau tidak melakukan sesuatu, untuk mendidik masyarakat, maupun dorongan sebagai cita-cita.

Untuk yang terakhir, poster merupakan plakat yang terdiri dari kata-kata dan gambar yang memberitahukan suatu ide dan hal penting terhadap masyarakat. Poster mirip dengan iklan dan pada umumnya poster akan di buat singkat, padat, dan jelas dengan model semenarik mungkin.

Poster yang baik dan menarik memadukan gambar dan kata-kata. Poster bisa kita jumpai di tempat-tempat umum dan sering di tempel pada dinding-dinding aula, tembok-tembok pasar, atau tempat lainnya.

Berdasarkan fungsinya, baik iklan, slogan, maupun poster adalah sama-sama ingin mempengaruhi, mengajak, atau membujuk khalayak atau masyarakat. Dimana, ada 3 fungsi utamanya yaitu fungsi informasional (biasanya terdapat pada iklan barang dan jasa yang sifatnya komersil), fungsi transformasional (terdapat pada iklan layanan masyarakat), fungsi remainder atau pengingat agar konsumen selalu menggunakan produk atau jasa ikan tersebut.

Unsur-unsur Iklan, Slogan, dan Poster

Dari penjelasan sebelumnya, kita sudah tahu pengertian dan fungsi dari iklan, slogan, dan poster. Sedangkan penjelasan unsur-unsur yang ada pada ketiga hal tersebut yaitu:

  • Iklan adalah teks persuasif yang menghadirkan perpaduan unsur gambar dengan kata-kata, gerak, dan suara
  • Slogan adalah teks persuasif yang memprioritaskan unsur kata-kata
  • Poster adalah teks persuasif yang memprioritaskan gambar dan kata-kata yang dipajang di tempat-tempat umum.

MENJELASKAN MAKNA SLOGAN 
PERHATIKAN CONTOH SOAL DIBAWAH INI



JAWABAN : 



KERJAKAN SOAL DIBAWAH INI DI BUKU TULIS.

SOAL 1. APA MAKNA SLOGAN DIBAWAH INI? DITUJUKAN KEPADA SIAPA SLOGAN INI?



SOAL 2. APA MAKNA SLOGAN DIBAWAH INI? DITUJUKAN KEPADA SIAPA SLOGAN INI?

SOAL NOMOR 3. GAMBARLAH 1 SLOGAN DIBUKU TULIS. BEBAS BISA MELIHAT DI INTERNET GOOGLE ( DIWARNAI YANG RAPI DAN BAGUS )

KERJAKAN TUGAS YANG TELAH DIBERI OLEH BU SHOFY DI BUKU TULIS. KETIKA MASUK SEKOLAH BU SHOFY AKAN MENGECEK BUKU TULIS KALIAN πŸ‘§


Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRUKTUR IKLAN

Bill Gates – cerita inspiratif 4 (kegiatan Literasi)

BAB 2 kelas 8. PENGERTIAN IKLAN , POSTER, dan SLOGAN