STRUKTUR IKLAN


Selamat pagi sahabat Spenfora..๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ง 

kali ini materi Bahasa Indonesia adalah tentang Struktur teks iklan. apa saja struktur dari teks iklan ???? yuk kita baca sampai habis.. 



Struktur Teks Iklan

Struktur dari teks iklan adalah sebagai berikut:




  • Judul 
    Judul terletak pada bagian paling atas dari teks iklan, tetapi tidak semua iklan mencantumkan judul, sebagian teks iklan menempatkan nama produk pada bagian paling atas.
  • Nama Produk
    Dalam hal ini berisi tentang nama produk yang diiklankan
  • Penjelasan Tentang Produk
    Ini berisikan deskripsi produk yang di iklankan, seperti spesifikasi, cara memperoleh produk yang diiklankan, alamat dan nomor telepon yang dapat dihubungi.


Struktur teks iklan dan rumus teks iklan

Struktur teks adalah aturan penulisan untuk menyusun sebuah teks. Pada Sebuah Iklan, baik yang dipublikasikan melalui media penyiaran seperti televisi atau media cetak, pada dasarnya memiliki Struktur khusus, struktur iklan pada kedua media tersebut pada dasarnya sama, hanya bentuknya berbeda karena perbedaan karateristik medianya-mediumnya.

Struktur dari teks iklan secara umum adalah sebagai berikut:

1.Judul (kepala tulisan atau headline)
Judul iklan biasanya  terletak di bagian paling atas dari teks iklan, namun tidak selalu di atas, dan tidak semua iklan mencantumkan judul, sebagian teks iklan meletakkan nama produk di bagian paling atas sebagai judul, judul biasanya biasanya dibuat agar dapat dilihat pertama kali oleh orang, biasanya dibuat besar dan tebal.

2. Sub judul(sub headline)
Subheadline biasanya digunakan untuk memberikan informasi yang sangat penting kepada calon konsumen,  biasanya berisi mengenai keunggulan produk yang diharapkan mampu memikat calon konsumen.

3. Amplifikasi (perluasan / penjelasan tentang produk)
Berisi deskripsi produk yang diiklankan, seperti spesifikasi, cara mendapatkan produk yang diiklankan, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Naskah atau teks iklan yang mengikuti headline. Sering juga disebut bodycopy/ body text. Pada bagian ini konsepnya adalah penjelasan lebih rinci tentang produk atau barang/jasa yang ditawarkan. Catt: produk2 yang mahal sperti mobil, rumah,dll biasanya diperlukan body text atau amplifikasi iklan.


CONTOH MENGANALISIS STRUKTUR IKLAN

1. IKLAN SEMEN TIGA RODA
2, IKLAN OLI PERTAMA

struktur Teks Iklan 
Menurut Buku Bahasa Indonesia dan menurut para ahli 
disimpulkan pada gambar dibawah ini

 

Naahhh ternyata Struktur dari iklan itu mudah dimengerti ya teman-teman... 
 setelah membaca struktur iklan
 beserta cara menganalisis iklan diatas. 
tugas dari bu Shofy adalah 
analisislah struktur 2 iklan dibawah ini. 

seperti contoh diatas
 (menganalisis struktur iklan semen tigaroda dan oli pertamina)  
ditulis dibuku tulis yaaa... 
1. analisis struktur iklan Gantengin
2. analisis struktur iklan Jasa penjualan rumah 











Hasil mengerjakan cukup di FOTO 
dan dikirim ke grup kelas dalam bentuk link DRIVE
bagaimana caranya??? 
kalian bisa simak video cara mengirim tugas dalam bentuk link 
klik -> 

  https://www.youtube.com/watch?v=xVcKmOZik0o

format mengirim tugas di grup :

link hasil tugas bahasa indonesia kelas 8A sesuai absen
1. https://drive.google.com/file/d/1LndHFx7kBzBovTzJsvRYPv3R5VNCpf3T/view?usp=sharing
2.
3.
4. 

selamat mengerjakan


Komentar

  1. https://drive.google.com/file/d/1b61o-k1JkE1B2mmJMUU0XKZNk4xoGwu_/view?usp=drivesdk
    (AUDRICK 8E/6)

    BalasHapus
  2. GOOD JOB. SAYA BANGGA DAN SENANG MEMILIKI SISWA YANG CERDAS DAN RAJIN.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bill Gates – cerita inspiratif 4 (kegiatan Literasi)

BAHASA INDONESIA KELAS 7 (BUKU FIKSI & NON FIKSI)